Kamis, 07 Februari 2019

Analisis Keterkaitan Skl, Ki, Kd, Dan Pembelajaran Geografi Kelas 10 Sma K13 Revisi 2017

adalah  kriteria terkena  kualifikasi  kemampuan lulusan  yang mencakup beberapa aspek perilaku Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Geografi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas K13 Revisi 2017
Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Geografi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas K13 Revisi 2017
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria terkena kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup beberapa aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Inti (KI) ialah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap tingkat kelas atau kegiatan yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup beberapa aspek: perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau kegiatan dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.
Kompetensi Dasar ialah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh penerima didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KDterdapat unsur kemampuan berpikir yang ditetapkan dalam kata kerja operasional dan materi.

misal :
a. KD 3.1 Memahami pengetahuan dasar Geografi dan terapannya dalam kehidupan sehari-hari
b. KD. 4.1 Menyajikan rujukan penerapan pengetahuan dasar Geografi pada kehidupan sehari-hari dalam bentuk tulisan.

Download juga Analisis SKL, KI, KD Bahasa Inggris Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017

Standar kompetensi lulusan ialah muara utama pencapaian yang dituju tiruana mata pelajaran pada jenjang tertentu. Sedangkan kompetensi inti ialah pijakan pertama pencapaian yang dituju tiruana mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu. Penjabaran kompetensi inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam rumusan Kompetensi Dasar.

a. Standar Kompetensi Lulusan ialah muara utama pencapaian tiruana mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
b. Kompetensi Inti ialah pijakan muara kompetensi kelas pencapaian tiruana mata pelajaran pada tingkat kompetensi yang diputuskan dalam Kompetensi Isi atau kelas tertentu
c. Kompetensi Dasar (KD); ialah tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
d. Penguatan pendidikan huruf melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.

Download juga Analisis SKL, KI, KD Sejarah Indonesia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017

Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan penilaian
a. Standar Kompetensi Lulusan ialah pijakan sekaligus sasaran yang harus dihasilkan dari proses pembelajaran.
b. Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) mempersembahkan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai penerima didik.
c. Kompetensi dasar dari KI-3 ialah dasar pengembangan bahan pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman berguru yang perlu dilakukan penerima didik. Dari sinilah pendidik sanggup membuatkan proses berguru dan cara evaluasi yang dibutuhkan selamapembelajaran langsung.
d. Dari proses berguru dan pengalaman belajar, penerima didik akan memperoleh pembelajaran tidak eksklusif berupa pengembangan perilaku sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
e. Rangkaian dari KI-KD hingga dengan evaluasi termuatdalam silabus, dan RPP.

Download juga Analisis SKL, KI, KD Matematika Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
Selanjutnya, guru juga dituntut untuk membuatkan keterampilan sesuai tuntutan Abad 21, yaitu antara lain keterampilan berpikir kritis dan pemecahan dilema (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativitis Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills). Guru menetukan keterampilan mana yang akan dikembangkan diubahsuaikan dengan karakteristik KD atau bahan pembelajaran.

Untuk mendapat Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Pembelajaran Geografi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas K13 Revisi 2017 silahkan download filenya di bawah ini.

0 komentar

Posting Komentar