Rabu, 06 Februari 2019

Analisis Skl, Ki,Kd Ppkn Kelas Viii Smp Kurikulum 2013 Revisi 2017

 yakni  kriteria terkena  kualifikasi  kemampuan lulusan  yang mencakup beberapa aspek perilaku Analisis SKL, KI,KD PPKN Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 2017
Analisis SKL, KI,KD PPKN Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 2017

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yakni kriteria terkena kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup beberapa aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Inti (KI) ialah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap tingkat kelas atau agenda yang menjadi landasan pengembangan Kompetensi Dasar (KD).
Kompetensi Inti mencakup beberapa aspek: perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau agenda dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

Kompetensi Dasar yakni kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh penerima didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang ditetapkan dalam kata kerja dan materi.
misal: Kutipan pasangan Kompetensi Dasar (KD) Mata pelajaran PPKn yang ada di Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016, lampiran 20. yakni : 

1.1 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas konsensus nasional Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
2.1 Mengembangkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
3.1 Menelaah Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa.
4.1 Menyaji hasil telaah nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dalam kehidupan sehari-hari.
Download juga SKL, KI, KD PJOK Kelas VII Sekolah Menengah Pertama K13 Revisi 2017
Standar Kompetensi Lulusan yakni muara utama pencapaian yang dituju tiruana mata pelajaran pada jenjang tertentu. Sedangkan Kompetensi Inti yakni pijakan pertama pencapaian yang dituju tiruana mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu. Penjabaran Kompetensi Inti untuk tiap mata pelajaran tersaji dalam rumusan kompetensi dasar.
  • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yakni muara utama pencapaian tiruana mata pelajaran pada satuan Guru/ jenjang Guru tertentu
  • Kompetensi Inti yakni muara kompetensi kelas pencapaian tiruana mata pelajaran pada tingkat kompetensi yang diputuskan dalam Kompetensi Inti atau kelas tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD); ialah tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan huruf melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.
Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan evaluasi diilustrasikan sebagai diberikut.
a. Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) mempersembahkan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai penerima didik.
b. Kompetensi dasar dari KI-3 yakni dasar pengembangan bahan pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman mencar ilmu yang perlu dilakukan penerima didik. Dari sinilah pendidik sanggup membuatkan proses mencar ilmu dan cara evaluasi yang diharapkan melalui pembelajaran langsung.
c. Dari proses mencar ilmu dan pengalaman belajar, penerima didik akan memperoleh pembelajaran tidak eksklusif berupa pengembangan perilaku sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
d. Rangkaian dari KI-KD hingga dengan evaluasi tertuang dan RPP.
Download juga SKL, KI,KD IPS Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 revisi 2017

Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) dan Materi

Pembelajaran Pengembangan indikator dan bahan pembelajaran ialah kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum membuatkan RPP dan melakukan pembelajaran. Melalui pemahaman keterkaitan kompetensi (SKL,KI-dan KD), maka guru yang mengampu mata pelajaran PPKn sanggup merumuskan indikator pencapaian kompetensi pengetahuan terkait dengan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif serta indikator keterampilan berkaitan tidak spesialuntuk keterampilan bertindak tetapi juga keterampilan berpikir yang juga dikatakan sebagai keterampilan abnormal dan konkrit.

Menentukan nilai-nilai utama huruf

Lima nilai utama huruf akan diperkuat dalam proses pembelajaran diadaptasi dengan Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh penerima didik dengan memperhatikan indikator nilai sesuai dengan Kompetensi Dasar. Lima nilai utama huruf tersebut adalah;
a. Religiositas seperti; diberiman dan bertaqwa; membersihkan, toleransi, cinta lingkungan
b. Nasionalisme seperti; Cinta Tanah Air, Semangat Kebangsaan, Menghargai Kebhinekaan.
c. Kemandirian seperti; Kerja Keras, Kreatif, Disiplin, Pemberani, dan Pembelajar.
d. Gotong-royong seperti; Kerjasama, Solidaritas, Saling Menolong, dan Kekeluargaan.
e. Integritas seperti; Kejujuran, Keteladanan, Kesantunan, dan Cinta Pada Kebenaran.

Nilai-nilai utama huruf tersebut dioperasionalkan dalam pembelajaran dan penilaian, sehingga praktis diobservasi dan terukur. Nilai utama huruf yang sanggup dikembangkan yakni religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong-royong, dan integritas. Nilai-nilai huruf tersebut sanggup dioperasionlakan sesuai dengan tuntutan Kompetensi Inti dan nilai-nilai operasional karakter, contohnya kerja keras, rasa ingin tahu, cermat, teliti, dan kerjasama
Download juga SKL, KI, KD Matematika Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2013 Revisi 2017
Untuk selanjutnya, anda juga dituntut untuk membuatkan keterampilan sesuai tuntutan Abad 21, yaitu antara lain keterampilan berpikir kritis dan pemecahan dilema (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativitis Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills). Guru menetukan keterampilan mana yang akan dikembangkan diadaptasi dengan karakteristik KD atau bahan pembelajaran.

Untuk lebih jelasnya lagi terkena Keterkaitan antara SKL, KI,KD, dan Pembelajaran, Pendidikan Pancasila dan Kewargguagaraan Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama kurikulum 20113 revisi 2017 silahkan unduh filenya di bawah ini. Atau bisa juga dengan mengunjungi halaman disini.

1 komentar: