Kamis, 07 Februari 2019

Analisis Skl, Ki, Kd, Bahasa Inggris Kelas 10 Sma Kurikulum 2013 Revisi 2017

 yaitu kriteria terkena kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup beberapa aspek perilaku Analisis SKL, KI, KD, Bahasa Inggris Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
Analisis SKL, KI, KD, Bahasa Inggris Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yaitu kriteria terkena kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup beberapa aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Inti ialah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap tingkat kelas atau aktivitas yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup beberapa aspek: perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau aktivitas dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

Kompetensi Dasar yaitu kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh penerima didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang ditetapkan dalam kata kerja dan materi.

Download juga Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD Matematika Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017

misal :
KD 3.4 Membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa beberapa teks deskriptif verbal dan tulis dengan memdiberi dan meminta gosip terkait daerah wisata dan bangunan bersejarah terkenal, sesuai dengan konteks penerapannya dan

KD 4.4 Teks Deskriptif
4.4.1 Menangkap makna secara kontekstual terkait fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif verbal dan tulis dengan memdiberi dan meminta gosip terkait daerah wisata dan bangunan bersejarah populer
4.4.2 Menyusun teks deskriptif verbal dan tulis pendek dan sederhana terkait daerah wisata dan bangunan bersejarah terkenal, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

Download juga Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Bahasa Indonesia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
  • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yaitu muara utama pencapaian tiruana mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
  • Kompetensi Inti (KI); ialah pijakan pertama pencapaian yang dituju tiruana mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD); ialah tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan aksara melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.
Download juga Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, Sosiologi Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017

Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan evaluasi diilustrasikan dalam denah gambar diberikut.
a Standar Kompetensi Lulusan ialah pijakan sekaligus sasaran yang harus dihasilkan dari proses pembelajaran.
b Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) mempersembahkan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai penerima didik.
c Kompetensi dasar dari KI-3 yaitu dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman berguru yang perlu dilakukan penerima didik. Dari sinilah pendidik sanggup berbagi proses berguru dan cara evaluasi yang diharapkan melalui pembelajaran langsung.
d Dari proses berguru dan pengalaman belajar, penerima didik akan memperoleh pembelajaran tidak pribadi berupa pengembangan perilaku sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
e Rangkaian dari KI-KD hingga dengan evaluasi tertuang dalam silabus dan RPP.

Pengembangan indikator dan materi pembelajaran ialah ialah 2 (dua) Pengembangan indikator dan materi pembelajaran ialah 2 kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum berbagi RPP dan melaksanakan pembelajaran. pemahaman keterkaitan SKL, KI, dan KD, maka pendidik yang mengampu mata pelajaran Bahasa Inggris sanggup merumuskan indikator pencapaian kompetensi pengetahuan terkait dengan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif serta indikator keterampilan berkaitan tidak spesialuntuk keterampilan bertindak tetapi juga keterampilan berpikir yang juga dikatakan sebagai keterampilan abnormal dan konkret. Yang kemudian dijadikan dasar dalam memilih pembelajaran dengan mengintegrasikan literasi dan meningkatkan nilai-nilai karakter, serta berbagi keterampilan Abad 21.

Download juga Keterkaitan antara SKL, KI,KD, dan Materi Pembelajaran PPKn Kelas X Sekolah Menengan Atas Revisi 2017 

Pengembangan Indikator Pencapaian Kompetensi dan Materi pembelajaran, perlu mempertimbangkan karakteristik mata pelajaran Bahasa Inggris sebagai diberikut.
Pertama, pembelajaran bahasa Inggris berserius pada genre atau jenis teks. Beberapa genre atau jenis teks yang diajarkan di SMP/MTs diajarkan juga di SMA, menyerupai recount. Namun demikian, kompleksitas materinya lebih tinggi daripada materi di SMP/MTs. Selain itu, jenis-jenis teks argumentatif menyerupai eksposisi dan eksplanasi diajarkan di SMA. Jenis-jenis teks menyerupai ini lebih susah dari pada teks yang dipelajari di SMP/MTs, alasannya yaitu tiruana teks ini menuntut penerima didik untuk bisa berargumentasi.

Kedua, pelajaran Bahasa Inggris bertujuan untuk berbagi potensi penerima didik biar mempunyai kompetensi komunikatif dalam wacana interpersonal, transaksional, dan fungsional. Kompetensi ini dikembangkan melalui pembelajaran yang membimbing penerima didik untuk sanggup memakai banyak sekali teks berbahasa Inggris verbal dan tulis, secara runtut dengan memakai unsur kebahasaan yang akurat dan berterima, wacana banyak sekali pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif serta menanamkan nilai-nilai luhur aksara bangsa, dalam konteks kehidupan di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat. 

Ketiga, pembelajaran setiap jenis teks diarahkan pada pengembangan kemampuan penerima didik untuk menggunakannya, melaksanakan fungsi yang terkait dengan tugas dan kehidupannya sebagai bab dari lingkungannya. Oleh alasannya yaitu itu, teks dipelajari pada tiga aspeknya, yaitu (1) fungsi sosial, (2) struktur teks, dan (3) unsur kebahasaan, yang tiruananya dipilih dan ditentukan sesuai dengan konteks penerapannya. Selain itu, jenis pengetahuan untuk pembelajaran setiap teks mencakup beberapa aspek (1) pengetahuan faktual, yang terkait dengan topik komunikasi, (2) pengetahuan prosedural terkait dengan langkah-langkah keilmuan maupun proses berguru dan pembelajaran, dan (3) gosip konseptual terkait dengan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks.

Untuk melaksanakan analisis kompetensi dan berbagi IPK dimasukankan biar guru memperhatikan karakteristik mata pelajaran Bahasa Inggris tersebut di atas, serta mempelajari karakteristik penerima didik dengan berbagi nilai utama aksara yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas, serta berbagi keterampilan Abad 21 terkait dengan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan problem (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativities Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills) sesuai dengan karakteristik Kompetensi Dasar.

Download juga Analisis SKL, KI, KD, Pembelajaran dan Penilaian Sejarah Indonesia Kelas X SMA/MA Revisi 2017

Untuk selanjutnya, guru juga dituntut untuk berbagi keterampilan sesuai tuntutan Abad 21, yaitu antara lain keterampilan berpikir kritis dan pemecahan problem (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativitis Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills). Guru menetukan keterampilan mana yang akan dikembangkan diadaptasi dengan karakteristik KD atau materi pembelajaran.

Sebagai materi rekomendasi diberikut ini saya bagikan pola ANALISIS SKL, KI, KD, Pembelajaran dan Penilaian mata pelajaran Bahasa Inggris Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017.

0 komentar

Posting Komentar