Rabu, 06 Februari 2019

Analisis Skl, Ki-Kd Sejarah Peminatan Kelas X Sma Kurikulum 2013 Revisi 2017

 Sejarah Peminatan Kelas X Sekolah Menengan Atas Kurikulum  Analisis SKL, KI-KD Sejarah Peminatan Kelas X Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017
SKL, KI-KD, Sejarah Peminatan Kelas X Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017

SKL, KI, KD Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yakni kriteria terkena kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup beberapa aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Inti ialah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap tingkat kelas atau jadwal yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup beberapa aspek: perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau jadwal dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.
Kompetensi Dasar yakni kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh penerima didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang ditetapkan dalam kata kerja dan materi.
misal:
3.7 Memahami langkah-langkah penelitian sejarah (heuristik, Koreksi/verifikasi, interpretasi/eksplanasi, dan penulisan sejarah)
4.7 Menerapkan langkah-langkah penelitian sejarah (heuristik, Koreksi/verifikasi, interpretasi/ eksplanasi dan penulisan sejarah) dalam mempelajari sumber sejarah yang ada di sekitarnya
Download juga SKL, KI-KD Fisika Kelas X Sekolah Menengan Atas K13 Revisi 2017
a. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yakni muara utama pencapaian yang dituju tiruana mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
b. Kompetensi Inti (KI) yakni pijakan muara kompetensi kelas pencapaian yang dituju tiruana mata pelajaran pada tingkat kompetensi yang diputuskan dalam Kompetensi Isi atau kelas tertentu
c. Kompetensi Dasar (KD) ialah tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
d. Penguatan pendidikan huruf melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.

Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan penilaian diilustrasikan dalam sketsa gambar diberikut.
a. Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) mempersembahkan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai penerima didik.
b. Kompetensi dasar dari KI-3 yakni dasar pengembangan bahan pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman berguru yang perlu dilakukan penerima didik. Dari sinilah pendidik sanggup membuatkan proses berguru dan cara penilaian yang dibutuhkan melalui pembelajaran langsung.
c. Dari proses berguru dan pengalaman belajar, penerima didik akan memperoleh pembelajaran tidak pribadi berupa pengembangan perilaku sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
d. Rangkaian dari KI-KD hingga dengan penilaian tertuang dalam silabus, kecuali untuk tujuan pembelajaran, tidak diwajibkan dicantumkan baik dalam RPP maupun dalam Silabus.
Download juga SKL, KI-KD Matematika Peminatan Kelas X Sekolah Menengan Atas K13 Revisi 2017
Pengembangan indikator dan bahan pembelajaran ialah ialah dua kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum membuatkan RPP dan melakukan pembelajaran. Melalui pemahaman keterkaitan kompetensi (SKL-KI-KD), maka pendidik yang mengampu mata pelajaran Sejarah sanggup merumuskan indikator pencapaian kompetensi pengetahuan terkait dengan dimensi pengetahuan dan dimensi proses kognitif serta indikator keterampilan berkaitan tidak spesialuntuk keterampilan bertindak tetapi juga keterampilan berfikir yang juga dikatakan sebagai keterampilan aneh dan konkret.

Sebagai contoh, untuk KD 3.7 sebelum memahami penerima didik harus mempunyai kompetensi sebelumnya antara lain mendefinisikan atau memilih atau membedakan. Kata kerja tersebut menjadi penanda untuk tercapainya kata kerja yang pertama (memahami). KD 4.7 sebelum menerapkan penerima didik harus mempunyai kompetensi sebelumnya antara lain menghasilkan atau mengemukakan. Kata kerja tersebut menjadi penanda untuk tercapainya kata kerja yang pertama (menerapkan).
Selain itu perlu diperhatikan juga apakah kemampuan berpikir tersebut ialah kemampuan berpikir tingkat rendah (Lower Order Thinking Skills (LOTS)) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills (HOTS)).

HOTS dipakai dalam rumusan kompetensi dalam SKL dan Standar Isi. Di SMA, kompetensi yang tercantum dianalisis dan penilaian sebagai kemampuan minimal HOTS. Dalam RPP, guru sanggup membuatkan HOTS yang terdapat pada setiap KD hingga tingkat tertinggi yaitu mencipta.
Download juga SKL, KI-KD Ekonomi Kelas X Sekolah Menengan Atas K13 Revisi 2017
Untuk lebih jelasnya terkena Analisis Keterkaitan antara SKL, KI-KD, Pembelajaran, dan Silabus Mata pelajaran Sejarah Peminatan Kelas X Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017 silahkan download filenya di bawah ini.

0 komentar

Posting Komentar