Jumat, 08 Februari 2019

Analisis Keterkaitan Skl, Ki, Kd, Dan Bahan Pembelajaran Matematika Kelas 10 Sma Revisi 2017

 dan Materi Pembelajaran Matematika Kelas  Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Materi Pembelajaran Matematika Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Materi Pembelajaran Matematika Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) ialah kriteria terkena kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup beberapa aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kompetensi Inti (KI) ialah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap tingkat kelas atau jadwal yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar (KD). Kompetensi Inti mencakup beberapa aspek: perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau jadwal dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan. Kompetensi Dasar ialah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh penerima didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang ditetapkan dalam kata kerja dan materi.

misal;
KD 3.5 Menjelaskan dan Menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang mencakup notasi, tempat asal, tempat hasil, dan verbal simbolik, serta sketsa grafiknya.
KD 4.5 Menganalisa karakteristik masing-masing grafik (titik potong dengan sumbu, titik puncak, asimptot) dan perubahan grafik fungsinya akhir transformasi f(x), 1/f(x), If(x)I, dsb.
Download juga Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Bahasa Indonesia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
  • Standar Kompetensi Lulusan (SKL) ialah muara utama pencapaian tiruana mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
  • Kompetensi Inti (KI); ialah pijakan pertama pencapaian yang dituju tiruana mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu
  • Kompetensi Dasar (KD); ialah tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
  • Penguatan pendidikan huruf melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.
Download juga Keterkaitan antara SKL, KI-KD, dan Silabus PAI & BP Kelas X Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan evaluasi diilustrasikan dalam denah gambar diberikut.
a Standar Kompetensi Lulusan ialah pijakan sekaligus sasaran yang harus dihasilkan dari proses pembelajaran.
b Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) mempersembahkan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai penerima didik.
c Kompetensi dasar dari KI-3 ialah dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman mencar ilmu yang perlu dilakukan penerima didik. Dari sinilah pendidik sanggup menyebarkan proses mencar ilmu dan cara evaluasi yang diharapkan melalui pembelajaran langsung.
d Dari proses mencar ilmu dan pengalaman belajar, penerima didik akan memperoleh pembelajaran tidak pribadi berupa pengembangan perilaku sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
e Rangkaian dari KI-KD hingga dengan evaluasi tertuang dalam silabus dan RPP.
Download juga Keterkaitan antara SKL, KI,KD, dan Materi Pembelajaran PPKn Kelas X SMA/MA Revisi 2017
Pengembangan indikator dan materi pembelajaran ialah ialah 2 (dua) kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum menyebarkan RPP dan melakukan pembelajaran. Pemahaman guru terhadap keterkaitan SKL, KI, dan KD sanggup memmenolong guru dalam menyebarkan IPK, yang dijadikan dasar dalam memilih pembelajaran dengan mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter melalui literasi dan pengembangkan keterampilan Abad 21.
Pendidikan matematika sanggup diartikan sebagai proses perubahan baik kognitif, afektif, dan psikomotorik kearah kedewasaan atau kemandirian penerima didik sesuai dengan kebenaran budi dan tidak melupakan nilai-nilai luhur atau norma yang berlaku di sekitarnya. Ada beberapa karakteristik matematika.
Download juga Bahan Tayang (PPT) Bahasa Indonesia Kelas 8 Sekolah Menengah Pertama Kurikulum 2017 Revisi 2017
Lima nilai utama huruf akan diperkuat dalam proses pembelajaran diadaptasi dengan Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh penerima didik dengan memperhatikan indikator nilai sesuai dengan Kompetensi Dasar.
Lima nilai utama huruf tersebut adalah;
a Religiositas, seperti: diberiman dan bertaqwa; membersihkan, toleransi, cinta lingkungan
b Nasionalisme, seperti: Cinta Tanah Air, Semangat Kebangsaan, Menghargai Kebhinekaan.
c Kemandirian, seperti: Kerja Keras, Kreatif, Disiplin, Pemberani, dan Pembelajar.
d Gotong-royong, seperti: Kerjasama, Solidaritas, Saling Menolong, dan Kekeluargaan.
e Integritas, seperti: Kejujuran, Keteladanan, Kesantunan, dan Cinta Pada Kebenaran.
Download juga Analisis Keterkaitan antara SKL, KI-KD, dan Silabus Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X SMA/MA Revisi 2017
Untuk selanjutnya, guru juga dituntut untuk menyebarkan keterampilan sesuai tuntutan Abad 21, yaitu antara lain keterampilan berpikir kritis dan pemecahan problem (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativitis Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills). Guru menetukan keterampilan mana yang akan dikembangkan diadaptasi dengan karakteristik KD atau materi pembelajaran.

Sebagai materi rekomendasi diberikut ini saya bagikan teladan Analisis Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Materi Pembelajaran Matematika Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017.

0 komentar

Posting Komentar