Kamis, 07 Februari 2019

Analisis Skl, Ki, Kd, Dan Bahan Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 10 Sma Revisi 2017

 dan Materi Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas  Analisis SKL, KI, KD, dan Materi Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
Analisis SKL, KI, KD, dan Materi Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Revisi 2017
Standar Kompetensi Lulusan (SKL) ialah kriteria terkena kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup beberapa aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Kompetensi Inti ialah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang penerima didik pada setiap tingkat kelas atau kegiatan yang menjadi landasan Pengembangan Kompetensi Dasar. Kompetensi Inti mencakup beberapa aspek: perilaku spiritual, perilaku sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang berfungsi sebagai pengintegrasi muatan pembelajaran, mata pelajaran atau kegiatan dalam mencapai Standar Kompetensi Lulusan.

Kompetensi Dasar ialah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh penerima didik melalui pembelajaran. Dalam setiap rumusan KD terdapat unsur kemampuan berpikir yang ditetapkan dalam kata kerja dan materi.


misal;
3.6 Menganalisis perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan budaya pada masa kerajaan-kerajaan Hindu dan Buddha di Indonesia serta menawarkan pola bukti-bukti yang masih berlaku pada kehidupan masyarakat Indonesia masa sekarang

4.6 Menyajikan hasil kebijaksanaan sehat dalam bentuk goresan pena ihwal nilai-nilai dan unsur budaya yang berkembang pada masa kerajaan Hindu dan Buddha yang masih berkelanjutan dalam kehidupan bangsa Indonesia pada masa sekarang


• Standar Kompetensi Lulusan (SKL) ialah muara utama pencapaian tiruana mata pelajaran pada satuan pendidikan/ jenjang pendidikan tertentu
• Kompetensi Inti (KI); ialah pijakan pertama pencapaian yang dituju tiruana mata pelajaran pada tingkat kompetensi tertentu
• Kompetensi Dasar (KD); ialah tingkat kemampuan suatu pokok bahasan pada suatu mata pelajaran yang mengacu pada Kompetensi inti.
• Penguatan pendidikan abjad melalui kemampuan berliterasi diintegrasikan dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi tersebut.


Pencapaian kompetensi lulusan, kompetensi inti, dan kompetensi dasar melalui proses pembelajaran dan evaluasi diilustrasikan dalam denah gambar diberikut.
a Standar Kompetensi Lulusan ialah pijakan sekaligus sasaran yang harus dihasilkan dari proses pembelajaran.
b Kompetensi inti (KI-3 dan KI-4) mempersembahkan arah tingkat kompetensi pengetahuan dan keterampilan minimal yang harus dicapai penerima didik.
c Kompetensi dasar dari KI-3 ialah dasar pengembangan materi pembelajaran, sedangkan kompetensi dasar dari KI-4 mengarahkan keterampilan dan pengalaman berguru yang perlu dilakukan penerima didik. Dari sinilah pendidik sanggup membuatkan proses berguru dan cara evaluasi yang dibutuhkan melalui pembelajaran langsung.
d Dari proses berguru dan pengalaman belajar, penerima didik akan memperoleh pembelajaran tidak eksklusif berupa pengembangan perilaku sosial dan spiritual yang relevan dengan berpedoman pada kompetensi dasar dari KI-2 dan KI-1.
e Rangkaian dari KI-KD hingga dengan evaluasi tertuang dalam silabus dan RPP.


Pengembangan indikator dan materi pembelajaran ialah ialah 2 (dua) kemampuan yang harus dikuasai seorang guru sebelum membuatkan RPP dan melakukan pembelajaran. Pemahaman guru terhadap keterkaitan SKL, KI, dan KD sanggup memmenolong guru dalam membuatkan IPK, yang dijadikan dasar dalam memilih pembelajaran dengan mengintegrasikan Penguatan Pendidikan Karakter melalui literasi dan pengembangkan keterampilan Abad 21.
Pendidikan Sejarah Indonesiadapat diartikan sebagai proses perubahan baik kognitif, afektif, dan psikomotorik kearah kedewasaan atau kemandirian penerima didik sesuai dengan kebenaran nalar dan tidak melupakan nilai-nilai luhur atau norma yang berlaku di sekitarnya. Ada beberapa karakteristik matematika.


Lima nilai utama abjad akan diperkuat dalam proses pembelajaran diubahsuaikan dengan Kompetensi Dasar yang harus dicapai oleh penerima didik dengan memperhatikan indikator nilai sesuai dengan Kompetensi Dasar.
Lima nilai utama abjad tersebut adalah;
a Religiositas, seperti: diberiman dan bertaqwa; membersihkan, toleransi, cinta lingkungan
b Nasionalisme, seperti: Cinta Tanah Air, Semangat Kebangsaan, Menghargai Kebhinekaan.
c Kemandirian, seperti: Kerja Keras, Kreatif, Disiplin, Pemberani, dan Pembelajar.
d Gotong-royong, seperti: Kerjasama, Solidaritas, Saling Menolong, dan Kekeluargaan.
e Integritas, seperti: Kejujuran, Keteladanan, Kesantunan, dan Cinta Pada Kebenaran.

Untuk selanjutnya, guru juga dituntut untuk membuatkan keterampilan sesuai tuntutan Abad 21, yaitu antara lain keterampilan berpikir kritis dan pemecahan duduk masalah (Critical Thinking and Problem Solving Skills), keterampilan berkolaborasi (Collaboration Skills), keterampilan berkreasi (Creativitis Skills), dan keterampilan berkomunikasi (Communication Skills). Guru menetukan keterampilan mana yang akan dikembangkan diubahsuaikan dengan karakteristik KD atau materi pembelajaran.

Sebagai materi rekomendasi diberikut ini saya bagikan pola Analisis Dokumen Keterkaitan SKL, KI, KD, dan Materi Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 10 Sekolah Menengan Atas Kurikulum 2013 Revisi 2017.

0 komentar

Posting Komentar